Pengikut

Minggu, 26 Januari 2014

manajement public relations


 public relations
*    Public relation adalah mengelolah komunikasi antara organisasi dengan publicnya , yang dimana PR memikirkan , mrencanakan, membangun dan mmjaga saling pengertian antara organisasi dan publiknya.
*    Tujuan MPR adalah mancapai tujun organisasi dan kesepahaman, memfasilitasi praktisis PR.
*    Public relations adalah seni dan ilmu pengetahuan social yang dapat digunkan untuk mengeanilisis kecenderungan, memprediksi konsekuensi, menashati para pemimpin organisasi dan melaksanakan organisasi dan melayani, baik untuk kepentingan terencana dan organisasi maupun umum.
*    Aktivitas public relation          :
1)    Melaksanakan program kerja terencana dan brkelanjutan
2)    Menengani hub, oraganisas dan publicnya
3)    Mementau kesadaran, pendapat, sikap, dan perilaku didalam maupun diluar organisasi
4)    Menganalisa dampak kebijaksanaan, prosedur, dan tindakan terhadap masyarakat.
5)    Menyesuaiakan kebijaksanaan prosedur dan tindakan yang diketahui bertentangan dengan kepentingan  masyarakat dan kelangsungan hidup organisasi
6)    Membri anjuran pada manajement perihal pembentukan kebijaksanaan prosedur dan tindakan baru yang salng menguntungkan terhadap organisasi dan masyarakatya
7)    Membentuk dan mengelolah komunikasi 2 arah antara organisasi dan masyarakatnya
8)    Menghasilkan perubahan khusus dalam hal kesadaran , pendapat ,sikap dan perilaku didalam dan diluar organisasi
9)    Menghasilkan hubungan yang baru dan atau terpelihara antara organisasi dan masyarakatnya
History

theory

Organizational desition makng

research
planning
action
evaluating
Financial relation
employee
govermental
PR
FIRM
conselling
corporate
Non profit
community
Govermental bodies dan agency
media
consumer
Law, ethis dan sossial  resposnsibility

 








*    EDWARD L BERNAY (FUNGSI PR)
Ø Memberikan penerangan kepada masyarakat
Ø Melakukanpndekatan untuk merubah sikap masyarakat
Ø Untuk mengintegrasikan sikap dan perilaku perbuatan lembaga organisasi , sesuai dengan sikap, perbuatan masyarakat dan sebalikanya
*    SIFAT  PR
Ø Sebagai fungsi manajement
Ø Sebagai komunkasi
Ø Sebagai alat mempengaruhi opini public
Manjement internal        :
Membina komunikasi internal dan eksternal , membuat kariawan tahu apa yng dipikirkan  manajemen dan sebaliknya.
Manjement  eksternal     :
 mengusahakan  bagaimana masyarakat tahu pa yang dipikirkan  urusan manajement dan sebalimy serta menyesuiakan. Membangun kesepahaman antara manajemet dan publicnya
sebagi kumunkasi :
proses  penyampain pengetian antara individu.
KPR adalah suatu proses yang mencapai suatu pertukaran makna, pandangan, gagasan diantara suatu organisasi untuk mencapai saling pengertian
 







MPR ad/ pemasaran
CPR ad/ citra perusahaan
PR brtugas  :
1.     Menjaga opini yang menguntungkan
2.     Membangun opini
3.     Menetralkan opini yang menguntungkan


Manajement public relations
MPR adalah penerapan fungsi-fungsi manajement dalam kegiatan PR
MC. elreath
Manajemet PR/kegiatan =
·        Research
·        Planning
·        Implementation / action /(communication  activities )
·        Evaluating
ORGANISASI
PR
PUBLIC
 
PERAN MANAJEMENT PUBLIC RELATIONS
DOOZIER(1992) DAN BROON (1995)
Ø Teknisi komunikasi
Ø Fasilitator komunikasi : manciptakan peluang organisasi untuk didengar public
Ø Problem solution : membantu mencari jalan keuar permasalahn
Ø Expert preventer (benar-benar menggunakan kehlian)

Tipe-tipe public
James grunig
Ø Tipe non public : tidak ada hubungan dengan organisasi tidak dipengaruhi dan tidak mempengaruhi
Ø Public tersmbunyi : kelompok yang menghadapi masalah tapi tidak sadar
Ø Public sadar : public yang sadar akan maslah
Ø Public aktif : kelompok yang mengambil tindakan atas masalah
Public GU(gila urusan ) L semua masalah diurusi
Public masalah tunggal
Public maslah hangat
Public apatis
          Peran public relation dalam menghadapi public internal
Ø Menjalin saling pegertian antara organisasi dengan perusahaan
Ø Rasa saling memiliki antara pemegang saham
Ø Meyakikan pemegang saham akan prospek atau keuntungan dmasa yang akan dating


Cara Pr menghadapi public internal        
Ø Kontak secara personal
Ø korespondensi
Ø Menerbitkan bulletin khusus , berkala mengenai perkembangan lembaga
Ø Mengatur kunjungan para pemegang saham atau keluar kelokasi
Ø Mengadakan kegiatan bersama kariawan / keluarga dan pemilik saham dan keluarganya

*    Employee relation
1, komunikasi vertical
Komunikasi dari atas ke bawah dan sebalknya
2. komunikasi horizontal/selevel
Contohnya manejer dengan manejer

*    Tujuan employee relation
1.     Menjalin hubungan harmonis
2.     Mengetahui semangat kerja para kariawan dan apa penyebabnya serta ara mengatasinya
3.     Mewujudkan loyalitas
4.     Meniadakan konflik kepentingan
*    Cara menjalin hubungan dengan kariawan
1.     Kontak personal
2.     Melakukan riset
3.     Merencanakan dan melaksanakan  pertemuan berkala antara kariawan dan top menejer
4.     Melaksanakan kegiatan semua level
5.     Menerbitkan media berkala
6.     Memberikan saran dan pertimbangan kepada pihak manajement, berkaitan dengan kondisi kariawan
*    Promotion
Advertising
PR
Personal selling
Sales promotion
Direct selling : - direct selling
                         -multilevel marketing
                         -network marketing

*    PUBLIC EKSTERNAL
1.     Community relations ad hubungan dengan masyarakat yang ada disekitar lembaga, tujuannya untuk supaya proses kerja lancer dan tidak bentrokan dengan kepentingan

Kegiatan PR untuk community relation
·        Mengundang masyarakat untuk berkunjung ke lembaganya
·        Bekerja sama dengan masyarakat atau pemerintah, baik berupa materi
·        Melakukan bersama ( formal/ nonformal)
2.     Costumer relation/ konsumen atau pelanggan adalah public yang sangat pengting berpengaruh dalam mecari pelanggan.

Tujuan PR consumerdan costumer
Mengikat perhatian  dan hubungan atas barang atau jasa  ang ditawarkan biasa dipakai

              Kegiatan
a.     Riset (sikap, pendapat, penilaian masyarakat terhadap produk yang akan ditawarkan bekerja sama dengan perusahaan lain
b.     Melaksanakan program persuasive erhadap konsumen dan calon konsumen
c.      Mmbuka peluang komunikasi secara terbuka baik langsung maupun tidak langsung
*    Retailer relations
Tujuan
1.     Saling pengrtian bersama antara retailer dan prosedur
2.     Menjaga loyalitas retailer agar tidak berpindah

*    Industrial relations (media)
Tujuan
1.     Kerja sama dengan lembaga-lembaga / perorangan untuk mempererat hubungan dengan kariawan
2.     Hubungan dengan indutri lainnya untuk menghindari persaingan yang tidak sehat
*    Government relations
Tujuan
Hubungan dengan pemerintah harus baik
Manjement fungsi : memimpin atau mengarhakan organisasi untuk mencapai tujuan
Manajement public relation dari kata manus atau pemimpin, menangani, mengatur atau membimbing

George R terry
Manajement adalah merupakan proses yang khas dan terdiri dari tindakan-tindakan seperti perencanaan dan pengorganisasian, pengaktifan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan atau sasaran melalui pemamfaatan sumber daya manusia yang lainnya.
1.     Planning (yang difikirkan harus tujuan akhir)
2.     Organizing (mengatur)
3.     Actuating (leading/pemimpin)
-bagaimana membuat orang lain mengerjakan tugasnya
-mendorong dan  member motivasi
-menciptakan suasana yang kondusif khususnya dalam    komunikasi
              4.controlling (pengawasan)
              5. evaluation
               Komunikasi organisasi                manjement dalam lingkup komu
               Komunikasi lawan relation         nikasi

*    Karasteristik manejer
·        Lebih banyak menggunakan komunikasi lisan
·        Mampu bertahan dari tekanan terus-menerus
·        Member motivasi dan semangat
·        Harus mempunyai kmampuan menyeleksi melelui pelatihan
·        Harus mempunyai save of art

Pendekatan secara persuasive , pemaksaan,penekanan, dengan reward (penghargaan), legitimasi (member wewenang), referensi, keahlian.

*    Menurut R. kreitner
Ada 4 hambatan dalam komunikasi
·        Dalam proses penyampaian (komunikasi)
·        Hambatan dari penerima pesan (komunikan)
·        Feedback
·        Media yang digunakan kurang tepat

*    Hambatan secara fisik
·        Pendengaran kurang jelas
·        Mata agak rabun
·        Menggunakan sound system yang kurang bagus
*    Hambatan semantic
·        Satu kata berbeda arti
*    Hambatan psikososial
                Pemahaman

*    Menurut George R. terry membag lima bentuk komunikasi dalam manajement komunikasi dua arah
·        Komunikasi formal ( melalui instruktur lisan/ tulisan)
·        Komunikasi non formal (komunikasi fungsional /diluar jalur formal
·        Komunikasi informal(lebih kepada psikologis)
·        Komunikasi tekhnisi (sifatnya hanya dipahami oleh ahli dalam pekerjaan tertentu)
·        Komunikasi procedural ( bersifat formal/ persatuan perusahaan)

6M: men, method, money, material, mesin, market
Skill – creative menciptakan ide, konseptor, problem solfer


*    Fungsi public relation
Mewakili top manajement yang merupakan bentuk kagiatan komunikasi 2 arah, antar manajement dan publicnya atau sebaliknya
*    Fungsi PR  adalah sumber inforamasi dan saluran informasi



*    Manajement public relation
·        Planning
·        Organizing
·        Communication
·        Controlling
·        Evaluating
*    PR sebagai manajement
·        Sebagai kommunkator
·        Sebagai tekhnisi komunikasi
·        Pake up
·        Good image maker
*    Luy lee (mengatasi masalah)
·        Harus membentuk manajement informasi
·        Harus bekerja sama dengan media( jurnalis)
·        Manjement humas harus terbuka
*    Factor-faktor yang penting didalam mengamati aktivitas PR
1.     Bagaimana perencanaan kerja humas
2.     Bagaimana peranan pelaksanaannya
3.     Bagaimana menyelenggarakan komunikasi 2 arah timbale balik
4.     Bagaimana metode komunikasi dan sruktural humas, kelembagaan.










Two way communication
Mutual  understanding
(komunikasi dua arah)
 




            
God will
(hasil yang nyaman)
Public support
(dukungan)
 






                                                                          
Citra positif
(Corpurate image)
 




Fungsi public relation didalam  MPR
1.     Melaksankan penelitian(riset)
2.     Perencanaan
3.     Pengkoordinasian
4.     Administrasi
5.     Produksi( pemasaran media)
6.     Partisipasi komunikasi
7.     Advitor (pemberi nasehat)
Aktivitas PR dalam fungsinya
1.     Fact finding
2.     Merencanakan
3.     komunikasi
4.     evaluasi : efektif(berhasil mencapai tujuan dan memuaskan semua pihak dan efesien




Tidak ada komentar:

Posting Komentar